BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
ASSALAMU"ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKAATUH

Selasa, 15 Juni 2010

BAGAIMANA GENERAL EDUCATION DI INDONESIA ?

BAGAIMANA GENERAL EDUCATION DI INDONESIA ?

General Education / Pendidikan Umum yang ada di Amerika telah dikolaborasi oleh para ahli pendidikan di Indonesia menjadi studi/mata kuliah yang dulu disebut MKDU.
MKDU di bagi menjadi dua kelompok yaitu :
  1. MPK (mata kuliah Pengembangan Kepribadian yang meliputi : Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama dan Pendidkan Kewiraaan Nasional)
  2. MBB (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat yang meliputi mata kuliah ISD, IBD dan IAD) dan IBD dan ISD melebur menjadi mata kuliah ISBD.
VISI ISBD
Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat

MISI ISBD
Memberikan landasan dan wawasan yang luas serta menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman dan kesederajatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan mahluk sosial yang beradab serta bertanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.

KOMPETENSI ISBD
Menjadi ilmuwan dan profesional yang berfikir kritis, kreatif, sistemik dan ilmiah, berwawasan luas, etis, estetis serta memiliki apresiasi, kepekaan dan empati sosial, bersikap demokratis, berkeadaban serta ikut berperan mencari solusi pemecahan masalah sosial budaya secara arif

TUJUAN ISBD
  1. Mengembangkan kesadaran mahasiswa menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan mahluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat
  3. memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan mahluk sosial yang beradab dalam mempraktikkan pengetahuan akademik dan keahliannya.
  4. Mahluk sosial yang beradab dalam mempraktekkan pengetahuan akademik dan keahliannya
SARJANA DIHARAPKAN MEMILIKI 3 JENIS KEMAMPUAN :
  1. Kemampuan personal / personality, kemampuan kepribadian, memiliki pengetahuan sehingga mampu menunjukkan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian indonesia, memahami & mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan dan kenegaraan.
  2. Kemampuan akademik, kemampuan komunikasi ilmiah, lisan & tulisan, berfikir logis , kritis, sistematik analitik (rasional, empiris, general (umum), sistematis, metodologis, akumulatif)
  3. Kemampuan profesional; memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya
KEPRIBADIAN INDONESIA
  1. Sadar akan hak, kewajiban dan tanggung jawab etis moril dan politis terhadap kepentingan bangsa dan negara yang ditampilkan dalam wujud keteladanan yang baik.
  2. Dengan sadar mentaati hukum dan UUD 1945, memiliki disiplin pribadi serta disiplin sosial dan kesadaran nasional yg teguh dan tdk sempit (chauvinistis).
  3. Berpandangan jauh ke depan, memiliki tekad perjuangan untuk mencapai taraf kehidupan bangsa yang lebih tinggi didasarkan pada kemampuan objektif dan kekuatan kolektif bangsa Indonesia
  4. Aktif dan kreatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam kegiatan pembangunan nasional dan pembangunan politik
  5. Mampu menilai ulang gagasan asing dan nilai-nilai asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
MENGAPA MBB-ISBD PERLU DIAJARKAN DI PERGURUAN TINGGI UMUM ?
Ada 4 landasan MBB-ISBD diajarkan di Perguruan Tinggi umum. Yaitu:
1. LANDASAN HISTORIS
  • Nenek moyang kita orang beragama terbukti dengan peninggalan sejarahnya
  • Memiliki warisan budaya dan peradaban tinggi
  • Bangsa indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, cinta damai, toleran, bergotong
2. LANDASAN FILOSOFIS
  • Bangsa Indonesia Memiliki Falsafah Hidup Pancasila
  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
3. LANDASAN YURIDIS FORMAL
  • UUD 45 Pasal 30, 31
  • UU No 20 TH 2003 ttg Sisdiknas
  • Kep.Mendiknas No. 232/U/2000 dan No. 045/U/2002) ttg Kurikulum Inti
  • KEP.Dirjen Dikti. No 30/DIKTI/Kep/2003 ttg Rambu-rambu Pelak MPK di PT
  • Surat Edaran Dirjen Dikti : No 1058?D/T/ 2003 ttg PelakKep Dirjen Dikti No 30
  • KEP. Dirjen Dikti : No 29/DIKTI/Kep/2004 ttg Pengangkatan Tim Pembina Kel MPK dan MBB
4. LANDASAN PEDAGOGIS
  • Tujuan pendidikan mewujudkan manusia indonesia seutuhnya
  • Mewujudkan manusia indonesia seutuhnya diperlukan suatu proses secara terencana, terus menerus dan berkesinambungan, (disebut proses pendidikan)
  • Kehidupan berbangsa,bernegara, dan bermasyarakat perlu adanya pewarisan pengetahuan, nilai religi, dan sosial budaya
  • Dalam pergaulan global perlu mempertahankan jati diri sebagai bangsa yg beragama, berdaulat dan bermartabat.
sumber :
Handout ISBD oleh Ana Maulana, M.Pd., Drs.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar